Sunday 17 August 2014

LAPISAN TANAH PURBA SANGIRAN

SANGIRAN : LINGKUNGAN DAN LAPISAN TANAH PURBANYA




DARI AWAL SEKEDAR HANYA INGIN MEMBACA DARI SEBUAH BUKU GRATISSS

SEKEDAR PENGETAHUAN BUAT ANDA 

Sangiran ditetapkan sebagai warisan dunia oleh UNESCO 1996, di tulis pada list no. C 593 dengan nama The Sangiran Early Man Site.



Kawasan yang didalamnya menyimpan lapisan tanah yang paling lengkap di benua asia ini. TIDAK TAHU KAN??? HAHAHA ………secara geografis terletak di kab. Sragen dan Karanganyar, Jawa Tengah. Secara geomorfologi kawasan ini terletak di cekungan alam yang sering disebut dengan depresi solo dan dikelilingi perbukitan.tepatnya di lereng barat laut Gunung Lawu. Dengan segala keunikanya secara arkeologi mewakili lebih dari 50% temuan fosil manusia purba di dunia dan adanya mata air asin di sebuah kebun/tegalan di dekat museum sangiran berdiri. Dari kejadian yang misterius ini , kita bertanya-tanya : mengapa sangiran terdapat air asin ?padahal di daratan alluvial .ayo kita cari tahu !!! 


MENGAPA LAPISAN TANAH SANGIRAN BERBEDA –BEDA ???Kawasan lingkungan sangiran terbentuk sacara mengendap secara terus-menerus dari 2,4 juta tahun yang lalu. Lapisan tanah situs sangiran  secara litologi, stratigrafi dan lingkunganya ,empunyai urutan sebagai berikut :
Lingkugan laut : terdapat formasi kalibeng ditandai dengan lempung biru (2,4 -1,8 juta tahun yang lalu)
Lngkungan Rawa : formasi pucangan ditandai dengan lempung hitam (1,8- 0,9 juta tahun lalu)
Lingkungan darat, hutan terbuka : formasi kabuh ditandai pasir fluvio-volkanik struktur silang siur (730.000-250.000 tahun lalu), formasi notopuro ditandai endapan pasir volkanik (250.000-11.000 tahun lalu) dan terakhir endapan resen ditandai endapan teras dan alluvial (11.000 tahun lalu- saat ini).
Adanya proses geologi yang panjang terjadi akibat aktivitas lempeng tektonik, vulkanisme dan fluktuasi air laut.melalui pengangkatan pulau jawa, sangiran diawali dengan adanya lingkungan laut berubah menjadi lingkungan transisi, lingkungan rawa, dan menjadi daratan yang luas sekarang ini. Sebab kawasan hasil dari proses pengendapannya , lapisan tanah sangiran terdapat fosil-fosil mahkluk hidup zaman purba sehingga dapat memberikan informasi tentang keadaan lingkungan beserta kegiatan interaksi mahkluk hidup didalamnya.

NIH KALAU MAU TAHU LEBIH LENGKAPNYA !!!
1.    Lingkungan laut (2.400.000-1.800.000 tahun lalu)
Sekitar 2,4 juta tahun lalu daerah ini berupa lautan yang terdapat tiga gunung yaitu, G. Merapi purba, G. Merbabu Purba, dan G. Lawu Purba. Dari hasil muntahan magma nya lalu secara berangsur angsur terendapkan. menjadi material sedimen, sehingga terjadi perkembangan terumbu karang yang membentuk fringing, barrier dan atol melampar luaske laut di selatanya.Lapisan tanah paling tua adalah lempung biru anggota formasi kalbeng yang didalamnya terbdapat fosil molluska laut bercangkang tebal. Stelah diteliti berada di kali puren.
2.    Lingkungan Transisi (1.800.000-1.6.000.000 tahun lalu)
Ditemukan endapan breksi tepatnyya di desa Krikilan, Desa Bukuran utara kali cemoro, dan didesa Krendowahono selatan kali cemoro. Lahan transisi terbentuk pada saat itu karena adanya penujaman lempeng kerak samudra yang ditimbulkan dari aktivitas gunung vulkanik dan peristiwa pengangkatan Pegunungan Selatan dan Pegunungan Sendeng. Dengan begitu lingkunganya dicirikan oleh ombak yang sedang  dan sinar matahari sampai ke daerah zona litoral yang cukup ditandai adanya banyaknya organisme plankton. Setelah diteliti hewan yang hidup pada saat itu yaitu hiu, penyu dan keanekaragaman terumbukarang yang fosilnya terdapat endapat lempung abu-abu.
3.    Lingkungan Rawa (1.600.000-900.000 tahun lalu)
Ciri khas lingkungan rawa ditandai keadaan air tenang maka lambat laun terjadi sedimentasi.endapan debu vulkanik dan terselip Endapan lempung hitam di sekitar sangiran. Aktivitas yang secara bertahap dari lingkungan rawa yang payau hingga menjadi sbuah daratan yang didalamnya terdapat sungai dan cabang-cabangnya yang berkembang. Disini ditemukan fosil tengkorak manusia purba berada pada formasi pucangan tepatnya di desa dayu.
4.    Grenzbank (900.000-730.000 tahun lalu)
Peristiwa erosi di pegunungan selatan dan pegunungan kendeng yang menghasilkan pecahan gamping dan batukrikil – kerakal. Dengan tanda seperti itu sangiran padasaat itu wilayah laut hilang tidak tersisa lagi.
5.    Lingkungan darat (730.000-250.000 tahun lalu)
Adanya gunung api di wilayah sangiran ditandai dengan ketinggian kontur yang tinggi yang mempengaruhi tingkat curah hujan yang tinggi pula.dengan terbentuknya sungai-sungai yang bermeander maka aktivitas manusia purba didalamnya bervariasi.
Gunung api sekitar sangiran memuntahkan material yang banyak dan terjatuh ke sungai sehingga material tersebut terbawa dan menutupi lapisan Grenzbank. Di daerah ini terdapat formasi kabuh yang didalamnya ditemukan fosil-fosil manusia dan hewan purba yang di dominasi lapisan silang-siur.
6.    Letusan gunung yang sering (250.000-40.000 tahun lalu)
Lapisan wilayah sangiran teratas yaitu lapisan notopuro atau termuda. Pada saat itu terjadi daratan tererosi, iklim yang ekstrim cenderung kering akibat sinar mtahari tidak dapat menembus hujan debu vulkanik. sehingga manusia purba pergi mencari tempat yang lebih aman untuk kehidupanya di daratan lain.aktivitas manusia cendernung mengalami kemunduran dalam kegiatanya mencari makan. Terjadinya letusan yang dahsyat menghasilkan lhar yang bayak sehingga terjadi proses erosi dipermukaan gunung. Kemudian diteruskan adanya prose fluviatil yang berbentuk ndapan bulat konglomerat.

Dan ada lagi proses-proses lainya seperti munculnya kubah sangiran sehingga didalanya memberikan informasi yang kompleks atau dapat menggambarkan urutan peristiwa dari awal sampai akhir wilayah sangiran yang ditandai dengan urutan lapisan tanahnya.

SEKARANG JADI TAHU KAN HAHAHA!!!
Cukup sekian pengetahuan yang saya sampaikan, maav kalo ada salah dalam penulisannya. refrensi ini saya dapat dari paket buku yang berjumlah 5 buku yang berasal dari museum sangiran itu .TERIMAKASIH……..







1 comment: